Ads

Pemrograman System


 perbedaan program system dengan program aplikasi ?

Sebelum kita membahas tentang perbedaan keduanya sekarang kita cermati dan fahami dahulu arti dari program system dan arti dari program aplikasi.
- Program system
Program system adalah suatu system yang digunakan untuk pengontrolan terhadapekseskusi dari program lainnya, seperti sistem operasi,ia juga membantu dalam pengeksekusian secara efektif general user komputasi guna memenuhi kebutuhan sistem computer. Jadi program system tersebut dibutuhkan oleh perangkat keras jika tidak ada program system maka perangkat keras tersebut tidak ada gunanya. Ada pembagian klasifikasi dalam program system yaitu :
a. sistem operasi
b. program utilitas
c. program khusus
dari klasifikasi diatas kita bias ambil kesimpulan bahwa Sebuah komputer dapat memiliki satu atau beberapa sistem program. Sebuah sistem operasi untuk sebuah komputer dapat saja sangat khusus untuk model atau keluarga komputer, atau ada pula sistem operasi yang dapat digunakan di berbagai jenis komputer.
- Program aplikasi
Aplikasi berasal dari kata application yang artinya penerapan;lamaran;penggunaan. Secara istilah aplikasi adalah: program siap pakai yang direka untuk melaksanakan suatu fungsi bagi pengguna atau aplikasi yang lain dan dapat digunakan oleh sasaran yang dituju.(www.totalinfo.or.idaplikasi itu sendiri ditanam dalam program system jadi tanpa adanya program system ia tidak akan dapat digunakan dalama computer. Aplikasi dikembangkan oleh sebuah perusahaan. App Industri PC tampaknya menciptakan istilah ini untuk merefleksikan medan pertempuran persaingan yang baru.
Setelah kita mempelajari materi tentang program system dan program aplikasi diatas kita dapat menyimpilkan bahwa perangkat keras computer sangat membutuhkan yang namanya program system tanpa program system computer tidak dapat digunakan begitu juga dengan program aplikasi ia sangat membutuhkan program system jika tidak ada program system maka tidak bergunalah yang namanya program aplikasi.
Contoh dari program system dan program aplikasi :
Program System --> Windows,Linux, dll
Program Aplikasi --> Microsoft Office, Open Office, dll
2. Apa perbedaan pemrograman sistem dengan aktivitas pemrograman lainnya ?
Program Sistem membantu eksekusi “general user program” secara effektif pada sistem computer.
Efektifitas, meliputi :
- effektifitas penggunaan sistem komputer(pengaruh konfigurasi sistem komputer : main
storage, auxiliaries, dsb)
- effektifitasSDMdalam pengembanganprogram (pengaruh lingkungan komputasi : program
development, data processing, real time application, dsb)
Effektifitas(dan efisiensi) --> Optimalisasi Biaya
Pemahaman DasarSoftwareSistem
JikaX adalah seorang programmer, maka dengan pendekatan sistem komputer, dapat dijelaskan :
- X membuat program dari sudut pandang bahasapemrogramanyang ia mengerti
- CPU hanya mengerti informasi yang spesifik sesuai dengan formatnya (bahasa mesin)
- Diperlukan bahasa perantara (languange tranlator) atau compiler yang dapat mengkonversi
bahasa tingkat tinggi ke dalam set instruksi bahasa mesin yang dimengerti CPU
- Pekerjaan CPU dibantu sistem operasi diantaranya dalam hal penjadualan pekerjaan
Evolusi Software Sistem
Dua aspek dasar dalam kerja software sistem :
- ketersediaan fasilitas yang lebih baik
- Pencapaian kinerja yang efisien
EVOLUSI :
--> Language Translator
- Awalnya program dibuat dalam bahasa mesin
- Kebutuhan languange translator dari bahasa yang mudah dipahamiprogrammer kebentuk
kodeyang dimengerti oleh mesin
- Translator untuk bahasa pemrograman tingkat rendah (assembly language) : assembler
- Assembly languange memiliki perlakuan yang mirip dengan bahasa mesin, sepertipenggunaan mnemonic opcode (LOAD, ADD, dll), symbolic operand (VALUE, RESULT, dll) dan kemudahan modifikasi program dengan tetap bergantung pada mesin yang digunakan (machine dependent)
- Bahasa Tingkat Tinggi yang termasuk machine independent, mempermudahprogrammer serta telah memiliki languange translator yang dapat mereduksi perancangan, coding dan debugging program
Evolusi Software Sistem
--> Batch Monitor
- Awalnya sistem komputer menjalankan programpada satu waktu mode operasi (one program at a time operating mode), dengan campur tangan operator untuk men-setup setiap kali memulai pekerjaan
- Batch monitor, merealisasikan proses dari sekumpulan pekerjaan
- Kelemahan batch monitor : turn along time yang cukup lama
Multiprogramming Operating System
- pada arsitektur komputer klasik, instruksi IO dieksekusi bersamaan dengan instruksi lain (aritmetika,logical,dll)olehCPU
- Penggunaan CPU dan IO channel secara bersamaan membutuhkan data independence yang akan dipanggil ke memori
- Ketika IO menjalankan sebuah program, CPU menjalankan komputasi untuk program yang lain.

3. Sebutkan macam-macam SO yang ada pada komputer dan mobile ?
Sistem Operasi adalah Perangkat lunak yang berfungsi sebagai jembatan antara aplikasi dan perangkat keras dimana aplikasi tersebut dijalankan. Ketika sebuah aplikasi mebutuhkan akses ke perangkat keras, misalnya saat menyimpan data ke disk, maka proses tersebut dilakukan oleh aplikasi melalui perantara sistem operasi.
Macam - macam Sistem Operasi pada Computer :
1. UNIX
Unix atau UNIX adalah sebuah sistem operasi komputer yang dikembangkan oleh AT&T Bell Labs pada tahun 1960 dan 1970-an. UNIX didesain sebagai sistem operasi yang portable, multi-tasking dan multi-user. BSD adalah salah satu turunan (varian) Unix yang dikembangkan oleh Universitas California, Berkeley.
Kelemahan unix : Perintah-perintah pengoperasian relatif panjang

2. Linux
Linux adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapapun.
Nama “Linux” berasal dari nama kernelnya (kernel Linux), yang dibuat tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Sistemnya, peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU/Linux.
Kelebihan linux :
- Sebuah sistem Linux menyediakan antarmuka baris perintah lewat sebuah Shell (Konsole)
- Perbedaan utama antara Linux dan Sistem Operasi Populer lainnya terletak pada Kernel Linux dan komponen-komponennya yang bebas dan terbuka
- Sama seperti pada UNIX, Linux berkonsentrasi pada Workstation dan Server
- Banyak Workstation dan Server yang mengandalkan Linux karena Linux sangat stabil digunakan untuk jangka waktu lama
- Linux kebal terhadap Malware.
- Linux kebanyakan Gratis walaupun ada juga yang berbayar (Lisensi)
- Linux dapat didistribusikan tanpa harus memberikan royalty kepada seseorang
- Linux disusun berdasarkan standard Sistem Operasi POSIX yang diturunkan dari UNIX itu sendiri
- Tampilannya cukup bagus dan sederhana
- Relatif stabil
Kelemahan Linux
- Kalau memakai chipset VGA jangan heran kalau VGA tidak bisa terdeteksi oleh linux
- Kurangnya pilihan permainan-permainan yang populer
- Instalasi software/aplikasi tidak semudah windows

3. Mac OS
Mac OS adalah singkatan dari Macintosh Operating System. Mac OS adalah sistem operasi komputer yang dibuat oleh Apple Computer khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan PC berbasis IBM. Diperkenalkan pada tahun 1984, Mac OS sejak tahun 2006 telah memiliki kompatibilitas dengan arsitektur PowerPC maupun x86.
Kelebihan MAC OS :
- Stabil, karena menggunakan UNIX.
- Multitasking.
- Tampilan (UI) sangat bagus.
- Aman dari Malware.
- Tidak mudah trouble
- Nyaman digunakan
Kelemahan Macintosh :
- Tidak semua aplikasi kompatibel dengan sistem tersebut justru jadi trouble ketika
menggunakannya
- Hanya cocok untuk pengguna apple dan mac .

4. FreeBSD
FreeBSD adalah sebuah sistem operasi bertipe Unix bebas yang diturunkan dari UNIX AT&T lewat cabang Berkeley Software Distribution (BSD) yaitu sistem operasi 386BSD dan 4.4BSD. FreeBSD berjalan di atas sistem Intel x86 (IA-32) (termasuk Microsoft Xbox), DEC Alpha, Sun UltraSPARC, IA-64, AMD64, PowerPC dan arsitektur NEC PC-98. Dukungan untuk arsitektur ARM dan MIPS sedang dalam pengembangan.

5. SUN OS
SUN OS adalah sebuah versi UNIX yang digunakan dalam workstation-workstation Sun Microsystems yang dirilis pada tahun 1982. Setelah merilis SunOS versi 4, Sun Microsystems mengubah kode UNIX BSD yang sebelumnya mereka gunakan dengan kode UNIX System V, setelah mendapatkan lisensi dari pemegang lisensi UNIX waktu itu, AT&T. Perubahan ini menjadikan namanya berubah menjadi Solaris versi 2, dari yang seharusnya SunOS 5. Sehingga, secara tidak langsung, SunOS pun dianggap sebagai Solaris versi 1.x.

6. Windows
Microsoft Windows atau lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga sistem operasi komputer pribadi yang dikembangkan oleh Microsoft yang menggunakan antarmuka dengan pengguna berbasis grafik (graphical user interface).
Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line. Windows versi pertama, Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983, tetapi baru keluar pasar pada bulan November tahun 1985 yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar. Windows 1.0 merupakan perangkat lunak 16-bit tambahan (bukan merupakan sistem operasi) yang berjalan di atas MS-DOS (dan beberapa varian dari MS-DOS), sehingga ia tidak akan dapat berjalan tanpa adanya sistem operasi DOS. Versi 2.x, versi 3.x juga sama. Beberapa versi terakhir dari Windows (dimulai dari versi 4.0 dan Windows NT 3.1) merupakan sistem operasi mandiri yang tidak lagi bergantung kepada sistem operasi MS-DOS. Microsoft Windows kemudian bisa berkembang dan dapat menguasai penggunaan sistem operasi hingga mencapai 90%.

macam – macam System Operasi pada Mobile :
1. Symbian

Symbian adalah sistem operasi tak bebas yang dikembangkan oleh Symbian Ltd.yang dirancang untuk digunakan peralatan bergerak (mobile).Sebelum Nokiamengumumkan pembelian seluruh sisa saham Symbian Ltd. yang tidak dimilikinya pada 24 Juni 2008, Symbian dimiliki Nokia (47,9%), Ericsson (15,6%), Panasonic (10,5%),Samsung (4,5%), Siemens/BenQ (8,4%), Sony Ericsson (13,1%). Versi Symbian yang terbaru adalah Symbian OS v9.5s. Sedangkan ponsel yang paling banyak beredar saat ini menggunakan Symbian OS v6.1s, v7.0s, RV 47 75, v8.OS, dan v9.1s. Nokia Nseries rata-rata menggunakan Symbian OS v9.1s, kecuali Nokia N95 yang menggunakan Symbian OS v9.2s.
Saat ini Symbian OS banyak digunakan oleh berbagai vendor produk peralatan komunikasi mobile pada berbagai jenis produk mereka yang bervariasi. Variasi dari sisihardware ini dimana Symbian OS diimplementasi dapat dimungkinkan karena sistem operasi ini memiliki antarmuka pemprograman aplikasi (Application Programming Interface; API). API mendukung terhadap komunikasi dan tingkah laku yang umum pada hardware yang dapat digunakan oleh objek aplikasi lain. Hal ini dimungkinkan karena API merupakan objek antarmuka yang didefenisikan pada level aplikasi, yang berisikan prosedur dan fungsi (dan juga variabel serta struktur data) yang mengelola/memanggil kernel dimana sebagai penghubung antara software dan hardware. Dengan adanya standar API ini membantu pihak pengembang untuk melakukan penyesuaian atas aplikasi yang dibuatnya agar dapat diinstal pada produk telepon bergerak yang bermacam-macam.
Mirip seperti sistem operasi desktop, Symbian OS mampu melakukan operasi secaramultithreadingmultitasking dan pengamanan terhadap memori. Dan semua pemrograman pada Symbian dilakukan secara event-based, artinya hardware CPU menjadi tidak aktif ketika tidak ada inputan berupa aktivitas tertentu. Namun perlu dipahami sistem operasi ini memang ditujukan untuk diinstal pada peralatan mobile dengan keterbatasan sumber daya. Multithread dan multitasking memberikan kemampuan Symbian OS untuk menjalankan lebih dari satu aplikasi sekaligus. Namun khusus ini, adanya preemptive multitasking kernel akan memberi tiap-tiap program suatu pembagian waktu pemprosesan yang dilakukan bergantian dengan cepat sehingga nampak bagi pemakai seolah-olah proses ini dieksekusi secara bersamaan. Untuk itu telah didefinisikan penjadwalan berdasar prioritas tertentu untuk menentukan proses mana yang berjalan terlebih dahulu dan proses apa berikutnya serta berapa banyak waktu akan jadi diberi.
Symbian OS sendiri bukanlah software yang sifatnya open source secara penuh karena meskipun terdapat ketersedian API dan dokumentasinya, yang banyak membantu pihak pengembang aplikasi untuk membuat software yang berjalan di atas sistem operasi ini, dipublikasi untuk umum namun tidak untuk kode source sendiri.
kelebihannya :
- Dirancang sebagai gabungan kemampuan computer dengan ponsel
- Bersifat open application environment yang memungkinkan ponsel menjadisebuah platform bagi pengembangan berbagai aplikasi dan layanan (bahasadan konten)
- Open standard dan interoperability, modul-modulnya mudahdiimplementasikan secara fleksibel karena mendukung berbagai aplikasiteknologi dan pemrograman interfaces (APIs)
- Multitasking, yang menekankan pada object oriented dan component based.
- Flexible user interface design sehingga mudah dikembangkan denganinovasi yang diinginkan
- Robustness, memiliki kemampuan mengakses data dengan cepat dan menjamin keutuhan data, mampu mengurangi keterbatasan memori, penyimpanan dan
- tenaga dari perangkat komunikasi yang saat ini ada.
kelemahannya :
- Karena memiliki sistem operasi terbuka, handphone jenis ini sangat rentan terhadap serangan virus seperti Cabir, Commwarrior, SymbOS.skulls. dan masih banyak lagi
- Handphone dengan sistem ini gampang Hang, atau lambat dalam membuka gallery, lagu, serta pesan singkat(SMS)

2. Maemo
Maemo merupakan sebuah perkembangan platform yang bersifat sumber terbukauntuk perangkat-perangkat yang menggunakan sistem Linux, seperti internet tablet, yang mewarisi arsitektur Linux dari sistem operasi Unix. Maemo dibuat melalui komponen sumber terbuka yang digunakan secara luas dengan beberapa tambahan untuk mengintegrasikan kesemuanya dengan baik pada perangkat yang menggunakannya.
Internet tablet merupakan perangkat yang digunakan yang menyediakan desktop pada level PC yang digunakan untuk servis internet (seperti : webpages dan email). Perangkat-perangkat tersebut memiliki resolusi tinggi, dengan layar sentuh sensitif berukuran 800 x 480 pixelNokia telah merilis tiga internet tablet menggunakanplatform Maemo, yaitu Nokia 770, Nokia N800, dan Nokia N810, dan yang terbaru Nokia N900.
- Komponen Maemo
Platform Maemo didasarkan pada apa yang ada dalam Linux Operating System Kernel, yaitu kernel monolitik yang membantu lebih dari satu platform perangkat keras dan mampu untuk membantu segala jenis sinyal dalam jangka luas dari jam tangan hingga sistem besar. Semua sinyal pengguna Maemo memiliki OMAP chipset, yang mengandung tujuan umum dari prosesor ARM dan unit DSP.
Arsitektur antarmuka pengguna pada Maemo 5 didasarkan pada kerangka kerjaGNOME, khususnya set GTK+. GNOME merupakan aplikasi kerangka kerja terdepan untuk desktop sistem Linux. Platform Maemo mewarisi sejumlah komponen utama, seperti GTK, kerangka kerja Gstreamer Multimediamanajemen konfigurasi Gconf, danXML Library. Platform Maemo dilengkapi pula dengan perpanjangan teknologi GTK+/GNOME dengan menyediakan ekstensi untuk desktop yang mudah dipindahkan.
Komponen utama pada Maemo adalah Linux Kernel, yang menyediakan abstraksi perangkat keras untuk sistem sinyal, manajemen komponen, manajemen proses, dan servis jaringan. Maemo 5 menggunakan sistem operasi Linux 2.6. Sistem penyimpanan pada platform Maemo didasarkan pada standar GNU C Library. Untuk jaringan, Maemo menggunakan OpenSSL Library yang menyediakan akses HTTP sebagai aplikasi. Untuk abstraksi perangkat keras, Maemo menyediakan Hardware Abstraction Layer (HAL)
Kerangka kerja paket manajemen pada Maemo didapatkan dari distribusi Debian. Sistem servis yang digunakan adalah D-BUS, yang menyediakan saluran interaksi diantara aplikasi. Sistem servis juga menyediakan database SQL (SQLite), Device State Management (DSM), Mode Control (MCE), dan Battery Management (BME).
Peluncur Maemo ada dalam semua aplikasi, yang terbagi atas dua bagian, yaitu Maemo-Invoker (dieksekusikan oleh DBUS daemon) dan Maemo-Launcher. Kerangka kerja antarmuka pengunjung didasarkan pada X Window System, yang memiliki Matchbox Window Manager. API di atas X adalah GTK+ widget toolkit dengan apa yang disebut dengan ekstensi Hildon. GTK+ adalah kerangka kerja UI yang dikembangkan dalam proyek GNOME.
Maemo SDK menyediakan peralatan yang diperlukan untuk menciptakan dan mengintgrasikan aplikasi, mereplikasi lingkungan platform Maemo dalam PC pengguna. Didukung oleh Maemo API yang disediakan untuk bahasa DSF.

3. Android
Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk GoogleHTCIntelMotorolaQualcommT-Mobile, dan Nvidia.
Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google merilis kode–kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler.
Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).
kelebihannya :
- Android bersifat open source (karena based on linux)
- Realisasi cloud computing yang sesungguhnya. Contact di hp sudah otomatis tersimpan di account google. Semua fitur google sudah terintegrasi di hp android (Google Search, Google Docs, Google Maps, Gmail.)
- Cari software mudah sekali karena ada Android Market.
- Fleksibel. OS Android bisa dipakai di banyak platform hardware.
- Update OS cepat.
- Lisensinya lebih murah tidak semahal OS Blackberry
- lebih simpel dan mudah pengoprasiannya alias nggak ribet..
kekurangannya :
- Hp android masih mahal, kemungkinan setelah banyak hp menggunakan android harganya jadi lebih murah
- Hp yang menggunakan android aplikasinya masih terbatas, belum banyak tersedia
- Sebenarnya simpel, tetapi karena terbiasa dengan os symbian dan java jadi terlihat agak sulit.

4. Java os
Sedangkan Handphone dengan sistem operasi tertutup adalah Handphone dengan operating system JAVA. Handphone ini cuma mensupport aplikasi dan games dalam format Jar. Contoh Handphone dengan system java adalah Nokia 5200, 5300, 5610, 5310, 6300, serta kebanyakan dari Handphone SE,Motorolla,dan Samsung.
Kelemahan :
- Tidak bisa bebas dimasukkan segala macam aplikasi
Keunggulan :
- Tidak bisa terserang virus handphone.
- Tidak gampang Hang seperti layaknya Handphone dengan OS Symbian.

5. iOS
iOS adalah sebuah sistem operasi berbasis perangkat mobile buatan apple yang bekerja pada perangkat iPhone, iPod touch, dan iPad. i-nya sendiri mungkin dimaksudkan sebagai perangkat yang selalu terhubung dengan internet sebagai cloud utamanya, tetapi juga mewakili desain perangkat yang futuristik dan prestise seperti yang selama ini melekat kepada produk-produk buatan Apple Inc.
Teknologi iOS sendiri merupakan pengembangan dari teknologi yang sudah ada pada Mac OS, dan sedikit banyak mirip dengan Mac OS X, hanya iOS lebih sederhana dan ringan di banding dengan Mac OS X. Selain itu memang iOS di buat dengan tujuan perangkat gadget mulai dari iPod touch, iPhone dan iPad tablet.
Jika anda berangkat dari pengembang aplikasi untuk Mac OS X, maka dipastikan Anda akan mudah belajar iOS ini, karena core dari iOS ini adalah Mac OS X yang di sederhanakan. Sesuatu yang di hilangkan pada iOS ini mungkin adalah penggunaan connectivity ke device macam keyboard dan mouse, karena iOS ini hanya mendukung device touch only, atau sentuhan tangan saja. Kalaupun ada keyboard itupun virtual di dalam tampilan device yang menggunakan iOS ini.
Sudah jelas, bahwa iOS merupakan teknologi sistem operasi berbasis gadget yang tentunya memiliki kehandalan sama dengan Mac OS X, dari sisi performa maupun segi grafisnya.
Arsitektur iOS
Kernel yang ada di iOS adalah variant yang sama di temukan pada sistem operasi Mac OS X. Layer teratas dari arsitektur ini adalah aplikasi yang menghubungkan user dengan perangkat.
Layering ini memberikan Anda pilihan ketika Anda ingin mengerjakan pekerjaan coding Anda. Misalnya, layer Core OS dan Core Services yang berisi interface dasar untuk iOS, termasuk yang di gunakan untuk mengakses file, tipe data tingkat rendah, layanan bonjour, soket network, dan sebagainya. Interface-interface ini sebagian besar adalah C-based, dan memasukkan teknologi-teknologi seperti Core Foundation, CF Network, SQLite, dan akses ke thread POSIX dan soket Unix dengan yang lain.
Jika Anda bergerak ke lapisan atasnya, Anda akan menemukan teknologi yang lebih canggih, yang digunakan berdasar pada interface gabungan C dan Objective-C. Sebagai contoh, layer media berisi teknologi dasar yang mendukung grafis 2D dan 3D, audio dan video. Lapisan ini mencakup teknologi berbasis C-OpenGL ES, Quartz, dan Core Audio. Hal ini juga berisi Core Animation, yang merupakan mesin Objective-C berbasis animasi canggih .
Pada lapisan Touch Cocoa, sebagian besar penggunaan teknologi Objective-C. Kerangka kerja di lapisan ini menyediakan infrastruktur dasar yang digunakan oleh aplikasi Anda. Sebagai contoh, kerangka Foundation memberikan dukungan berorientasi objek untuk koleksi, manajemen file, operasi jaringan, dan banyak lagi. Kerangka UIKit menyediakan infrastruktur visual untuk aplikasi Anda, termasuk kelas untuk windows, view, kontrol, dan pengendali yang mengelola objek tersebut. Kerangka kerja lain pada tingkat ini memberikan Anda akses untuk menghubungi pengguna dan informasi foto dan ke accelerometers dan fitur perangkat keras lainnya dari perangkat.
Titik awal untuk setiap proyek baru adalah layer Cocoa Touch, dan kerangka UIKit pada khususnya. Ketika memutuskan teknologi tambahan apa yang akan digunakan, Anda harus mulai dengan kerangka dalam lapisan tingkat yang lebih tinggi. Kerangka kerja tingkat yang lebih tinggi memudahkan untuk mendukung perilaku sistem standar dengan paling sedikit usaha di pihak Anda. Anda harus kembali ke kerangka kerja yang lebih rendah hanya jika Anda ingin menerapkan perilaku adat yang tidak disediakan pada tingkat yang lebih tinggi.

0 Response to "Pemrograman System"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel