Ads

Apa Itu SS (Screenshot Atau Screen Capture)

Apa Itu SS (Screenshot Atau Screen Capture)? - Pada dunia teknologi, kita akan menemukan banyak sekali istilah - istilah yang sering kali membuat orang - orang awam menjadi bingung. Yap, memang istilah tersebut diciptakan untuk mempersingkat atau mempermudah pengungkapan dari suatu keadaan tertentu agar lebih mudah disebutkan. Namun tentu saja, orang yang baru mengetahui atau mendengar suatu istilah pasti tidak akan langsung mengetahui arti dari istilah yang dimaksud. Salah satu istilah yang banyak ditemui di dunia gadget adalah Screenshot (biasa disingkat dengan SS) atau Screen Capture.
Contoh screenshot pada smartphone Android
Screenshot adalah suatu gambar tampilan layar yang diambil dari gadget tertentu seperti misalnya perangkat komputer atau laptop, tablet PC, bahkan ponsel pintar (smartphone) dengan dukungan sistem operasi seperti iPhone (dengan iOS nya), smartphone dengan OS Android ataupun OS yang lainnya. Cara melakukan screenshot pun berbeda - beda pada tiap tipe, merek, dan jenis perangkat. Ada yang harus menggunakan aplikasi atau software tambahan, ada pula yang tidak. Umumnya pada perangkat modern seperti smartphone sudah tidak lagi membutuhkan aplikasi tambahan karena fitur tersebut sudah tertanam secara default pada masing - masing OS yang digunakan.
        Nah biasanya screen capture berfungsi untuk memberitahukan kepada orang lain tentang apa yang kita lihat dari layar perangkat yang kita pegang. Karena terkadang kita tidak mampu untuk menjelaskan suatu keadaan dengan sangat akurat dan detail bukan? Sehingga memang screenshot adalah solusinya. Sering kali screen capture digunakan dalam berbagai tutorial agar lebih mudah dimengerti oleh pembacanya, atau ada pula yang menggunakannya untuk menjelaskan suatu keadaan pada orang lain jika terjadi masalah pada perangkat yang digunakannya (untuk mendapat solusi tentunya).

0 Response to "Apa Itu SS (Screenshot Atau Screen Capture)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel